Social Icons

Pages

Jumat, 08 Agustus 2008

Identitas Mona Lisa Terkuak

Fitraya Ramadhanny - detikcom

Berlin, Bukti baru menguak identitas Mona Lisa, perempuan dalam lukisan terkenal Leonardo da Vinci. Wanita cantik dengan senyum misterius ini adalah istri seorang pedagang di Florence, Italia.


Kepala Perpustakaan Universitas Heidelberg, Veit Probst, seperti dilansir AFP, Rabu (16/1/2008) mengatakan ada buku dalam perpustakaan yang memuat catatan pejabat Florentine, Agostino Vespucci. Wanita dalam lukisan Leonardo adalah Lisa del Giocondo, istri Francesco del Giocondo.

Catatan itu berangka tahun 1503 dan ditemukan akademisi Armin Schlechter. "Tahun saat lukisan dibuat, mendukung teori mengenai identitas model da Vinci," kata Probst dalam pernyataannya.

Menurut dia, satu-satunya sumber lain adalah pengarang Italia Giorgio Vasari yang membuat biografi da Vinci. Vasari mengatakan lukisan Mona Llisa dibuat antara tahun 1503 dan 1506.

"Leonardo da Vinci tidak pernah menyebutkan Mona Lisa dalam catatan ataupun lukisannya," kata Probst. Teori Vasari selama ini hanya dinilai sebagai anekdot sampai ditemukannya bukti baru ini.

Lukisan Mona Lisa saat ini menjadi milik pemerintah Prancis. Lukisan yang diangkat dalam film The da Vinci Code ini terpajang rapi di Museum Louvre, Paris, dan dikunjungi ribuan orang setiap tahunnya





Baca juga artikel menarik lainnya :

1 komentar:

 
Jual Chip Poker Paket ID
25M = Rp. 75.000
50M = Rp. 140.000
100M = Rp. 250.000

Kontak Person:
YM = adriantojusuf
SMS Only = 081244438282
Info lengkap..!