Social Icons

Pages

Kamis, 07 Mei 2009

Cara reset password BIOS laptop Toshiba Satellite A135-S2276

Satellite A135

Menjelang tengah malam adik saya datang ke rumah dengan membawa laptopnya, Toshiba Satellite A135-S2276 (PSAD6U). Katanya laptopnya rusak gara-gara kehabisan batere.
“Kehabisan batere bisa rusak? Rusak gimana?”, tanya saya.

“Lagi ngetik skripsi… laptopnya mati kehabisan batere. Terus aku colok ke listrik (charge). Begitu laptop dinyalain… kok langsung muncul pertanyaan password, padahal aku kan ga pernah setting password…??”, katanya heran.

Setelah mendengar penjelasannya, saya langsung bisa memahami maksudnya. Laptopnya pasti terkunci oleh Password BIOS1. Tentu ini hal yang aneh kenapa tiba-tiba bisa muncul pertanyaan password yang tidak diketahui asalnya. Dugaan yang muncul sangat bermacam-macam, salah satunya adalah dugaan kegiataan mahluk halus yang iseng. (.. mengada-ada nih!).

Akhirnya tanpa bisa memberi jawaban yang pasti. Langsung saya nyalakan komputer dan internet. Langkah pertama yg bisa saya lakukan adalah Googling…, karena google adalah tempat bertanya yang jujur.

Dari beberapa forum yang berkenaan dengan masalah ini disebutkan memang terdapat bug pada versi awal BIOS Toshiba Satellite A135 dan beberapa produk laptop toshiba lainnya yang bisa mengakibatkan kesalahan ini sehingga password akan diaktifkan pada EEPROM2 dalam kondisi tertentu (misalnya ketika power dalam batere telah benar-benar habis). Ini persis seperti kasus yang dialami adik saya. Disebutkan pula solusinya adalah melakukan update versi BIOS terakhir yaitu v1.60 - 22/Des/2008. Saya berpikir bagaimana cara melakukan update dengan kondisi laptop terproteksi password…?

Solusi 1: Update BIOS dari Floopy/CD (Gagal)

Dikatakan dari beberapa situs cara mengupdate BIOS dengan kondisi terkunci password adalah dengan menjalankan utility paket BIOS (pada PC yang tidak bermasalah). Saat dijalankan aplikasi ini akan memberi pilihan untuk membuat floppy/CD yang mampu melakukan “booting”. Setelah selesai membuat boot disk/CD, masukkan disk/CD lalu nyalakan laptop dan segera tekan tombol F12 agar bisa memilih “boot device”, gunakan device yang sesuai (disket atau DVD-ROM) untuk melakukan flash BIOS. Tunggu sejenak sampai proses update BIOS telah selesai. Restart dan password akan hilang.

Ternyata cara ini tidak berhasil untuk saya karena password tetap ditanyakan meskipun tombol F12 telah ditekan. Sayapun mengurungkan untuk mengupdate BIOS. Yang saya pikirkan cuma bagaimana menghapus password BIOS.

Solusi 2: Menggunakan “Loopback” (Belum dicoba):

Saya temukan solusi yang menarik…. Menggunakan sebuah dongle yang disebut “parallel loopback” yang bisa dibuat sendiri dari port parallel bekas. Port Parallel adalah sebuah jenis colokan seperti yang banyak ditemui pada printer lama yang terdiri dari 25 pin jalur (port ini disebut juga DB25). Dengan mencolokkan “parallel loopback” ini saat laptop dinyalakan, akan mengakibatkan dihapusnya password pada beberapa laptop Toshiba. Jika anda berminat membuatnya sendiri, maka cukup hubungkan pin 1-5-10, 2-11, 3-17, 4-12, 6-16, 7-13, 8-14, 9-15, 18-25 dengan menyolder serta menghubungkan pin dengan kabel sesuai jalur yang disebutkan, misalnya pin 1 dengan pin 5 dengan pin 10. Lalu pin 2 dengan pin 11. Dst.

“Seperti mau merakit bom aja”, gumam adik saya. Saya tertawa dan tidak ingin mencobanya karena waktu sudah menunjukkan jam 11 malam, tentu akan makan waktu lama untuk merakitnya.

Solusi 3: Menebak password default (Gagal):

Saya mulai mencoba-coba menebak password BIOS. Karena sebelumnya laptop tidak pernah diberi password apapun. Saya ketik “toshiba”, “TOSHIBA”, “phoenix”, “PHOENIX”, dll. Tidak ada satupun yang bisa menembus pertahanan BIOS. Saya pun menyerah.

Solusi 4: Short Pin JOPEN1 + Pin 1 (Masih Belum berhasil):

Dalam salah satu forum, saya menemukan solusi yang lebih masuk akal.. yaitu melakukan short-contact (hubungan arus pendek) antara Pin JOPEN1 dengan Pin 1 seperti yang dijelaskan dalam gambar berikut ini, yang diambil dari URL:http://www.flickr.com/photos/22641186@N08/2174316598/in/photostream/
Toshiba JOPEN1 (Gagal)
Gbr 01. Gambar ini menunjukkan pin JOPEN1 dan Pin1

Lakukan selama 30 detik dengan tujuan agar pasokan arus listrik untuk EEPROM menjadi terkuras habis sehingga password BIOS yang tersimpan di dalamnya akan hilang.

Akhirnya saya tertarik untuk membuka bagian belakang casing laptop ini. Saya lepas batere laptop. membuka sebuah mur yang mengunci bagian tengah pada belakang casing.
Toshiba
Gbr 02. Membuka bagian belakang casing laptop

Untung garansinya sudah habis sehingga saya bebas merusak segel. Di dalamnya saya melihat 2 keping memori, saya lepas semuanya. Lalu membuka plastik pelindung yang melapisi permukaan motherboard. Dan akhirnya saya melihat Pin JOPEN1 dan Pin 1 seperti yang diperlihatkan dalam Gbr. 01.

Dengan menggunakan konektor berupa pinset/peniti saya hubungkan kedua ujung pin selama 30 detik. Setelah itu saya pasang kembali memory dan batere.
Lalu saya nyalakan laptop dan menunggu hasilnya. Dan hasilnya….. tetap saja pertanyaan password masih muncul.

Sia-sia juga nih. Mungkin kurang lama atau kurang pas saya tidak mengerti. Namun kenyataannya saya sudah mencoba selama 3 kali dan masih belum berhasil.

Solusi 5: Short Pin JOPEN1 ( BERHASIL ):

Jam sudah menunjukkan pukul 12.00 malam. Akhirnya saya lepas kembali batere laptop, memory, dan berpikir sejenak. Sambil menunggu turunnya wangsit dan dengan sedikit insting (weleh). Kali ini saya berniat menghubungkan JOPEN1(U) dengan…. JOPEN1(T). (Lho koq..??) …Begini.. setelah saya amati pada JOPEN1 ternyata ada dua jalur yang tidak saling terhubung. Dua jalur ini menyerupai huruf T dan U yang saling bertumpuk dengan posisi T berada di atas U.
TOSHIBA JOPEN1
Gbr 03. Pin JOPEN1 yang terdiri dari 2 jalur

Karena jaraknya yang terlalu dekat dan sangat kecil, rasanya tidak mungkin bisa mengandalkan pinset atau peniti. Akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan Obeng minus berukuran kecil. Saya hubungkan kedua pin ini (T dan U) selama kurang lebih 45 detik.

Lalu saya pasang kembali seperti semula dan menyalakan laptop lagi. Akhirnya kami bisa bernafas lega karena tampilan BIOS langsung muncul tanpa pertanyaan password lagi.

Begitu masuk ke Windows Vista, tanpa menunggu lagi langsung saya update dengan BIOS versi terbaru. Cara mendapatkan BIOS terbaru ikuti panduan berikut ini:

Download BIOS terbaru v1.60 untuk Toshiba Satellite A135-S2276

  1. Buka link http://www.csd.toshiba.com/cgi-bin/tais/support/jsp/home.jsp?project=vistaSitus Toshiba (1)
    Gbr 04. Pilih menu “Toshiba Support for Windows Vista”.
  2. Pilih menu Download Windows Vista Drivers and Software for your Toshiba PC.
    Toshiba Website (2)
    Gbr 05. Pilih menu “Download Windows Vista Drivers and Software for your Toshiba PC”.
  3. Pilih…
    Kategory: Portables,
    Family: Satellite,
    Model: A135-S2276,
    Klik “Go
  4. Toshiba Website (3)
    Gbr 06. Pilih Model Laptop.

  5. Pilih “ACPI Flash BIOS version 1.60 for Satellite A130 (PSAD6U) 3 MB” dan klik “Download“.
    Toshiba Website (4)
    Gbr 07. Donlot file BIOS ini dan jalankan update langsung dari Windows

Semoga bisa membantu teman2 yang mengalami kasus yang sama dan semoga tidak ada lagi kegiatan mahluk halus yang iseng alias si obeng kecil. Xixixii…!

  1. 1 BIOS, singkatan dari Basic Input Output System, yaitu sebuah perangkat lunak sederhana dalam komputer yang akan melakukan inisialisasi dan pengujian dasar terhadap perangkat keras, menjalankan sistem operasi, mengatur beberapa konfigurasi dasar (tanggal, jam, perangkat keras, dsb) dan membantu sistem operasi dalam proses manajemen perangkat keras.
  2. 2 EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-Only Memory, ditulis pula dengan E2PROM) adalah sejenis chip memori tidak-terhapus yang digunakan dalam komputer dan peralatan elektronik lain untuk menyimpan sejumlah konfigurasi data pada alat elektronik tersebut yang tetap harus terjaga meskipun sumber daya diputuskan.
sumber:okecoy.com



Baca juga artikel menarik lainnya :

10 komentar:

  1. wah.... tulisan kakak bagus profesional sekali.... saya jadi terkesan.....
    kakak pasti jurusan komputer ya...

    http://tips-blogku.blogspot.com

    BalasHapus
  2. ecus
    thank,s bangat, ana sangat perlukan ini,....

    BalasHapus
  3. Petunjuk yang bagus
    Sayang, laptop toshiba yang kena masalah tersebut udah diloakin

    BalasHapus
  4. mas saya mau tanya,,,
    laptop sy toshib satellite a135-s2266 saya ud berhasil reset passwordnya,,,tp pas sy upgrade biosnya,,,terlihat layar ngehang gt,, trus laptopnya mati karena batre tb2 abs,,,nh pas sy nyalain lg malah ga bs msk bios sm sekali,,tp cm kipas nyala,sm lampu powernya yang nyala,,,benerinnya gmn yah???tolong bantuin ya,,,

    BalasHapus
  5. eh bos, klo toshiba lgsung bngkar semua gman? dlmnya ada batre cmosnya ga? kaya MB PC? punya temenku tosiba tercra 8100, iya kasusnya sama neh

    BalasHapus
  6. cara ente ga bakal berhasil boss!! ga ada yg namanya JOPEN itu di MB Laptop, kalo E2Prom emang ada, gw udah coba cara yang lebih dari itu sampe gw cabut ic e2prom nya tetap aja boss, biasanya biasa di toshiba type tecra dan satelite 4300, malah kl fujitsu gampang gw pernah bobol ssmbil B...K di WC.
    tapi gw salut ama lu.. ILMU YG BERMANFAAT ilmu yang di AMALKAN. SUKSES IT INDONESIA.

    PAY MIEFTA_AMCYCOMP

    BalasHapus
  7. Mau masukin bios tekan saja ESC+F10 bersamaan lalu tekan F1 masuk deh ke Biosnya "peace" ^_^V

    BalasHapus
  8. salam kenal Bos.mohon pencerahnnya. leptop saya Toshiba satelit C640 tombol FN+F1 sampek FN+F12 gak bisa di aktifin, kecuali tombol FN+F6 dan FN+F7.
    sebelumnya saya ucapakn terimakasih.

    BalasHapus
  9. laptop toshiba m200 saya meminta kode entri saat saya nyalakan ?? apa yaa kejala nyah ..
    padahal saya udah buka battrey cimos nyah , masih saja meminta kode ??

    BalasHapus

 
Jual Chip Poker Paket ID
25M = Rp. 75.000
50M = Rp. 140.000
100M = Rp. 250.000

Kontak Person:
YM = adriantojusuf
SMS Only = 081244438282
Info lengkap..!