Social Icons

Pages

Minggu, 15 Maret 2009

HTTP-Tunnel (Melewati proteksi chatting icq, mirc, ym)


Banyak kantor-kantor “benar” hanya membolehkan browsing tapi melakukan proteksi aplikasi Chatting terhadap karyawannya. Proteksi ini dilakukan seiring dengan banyaknya karyawan yang betah didepan komputer tapi tidak satupun pekerjaan yang selesai.

Dengan HTTP-Tunnel proteksi aplikasi chatting dll menjadi tidak berguna. Banyak sekali aplikasi HTTP Tunnel bertebaran di Internet dengan konsep kerja yang sama. Untuk itu, saya memilih salah satunya, yaitu HTTP-Tunnel yang diambil dan situs http://www.http-tunnel.com.

Ada 4 tahap yang akan kita lakukan untuk menggunakan HTTP-Tunnel ini, yaitu
1. Melakukan instalasi HTTP-Tunnel Client (hanya mengklik tombol next sehingga tidak dibahas), download di http://www.http-tunnel.com.
2. Memastikan server-server HTTP-Tunnel aktif
3. Melakukan konfigurasi HTTP-Tunnel client
4. Melakukan konfigurasi program seperti Mirc, ICQ dan Yahoo!Messenger agar melakukan koneksi melalui HTTP-Tunnel ini.

Sebelum kita memulai menjalankan program HTTP-Tunnel Client yang telah terinstalasi, pastikan server-server gratis yang digunakan ini dalam keadaan aktif. Untuk itu, Anda bisa mengeceknya secara online, www.http-tunnel.com/html/support/server_status.asp (link ini mungkin berubah) yang akan memperlihatkan dua kelompok server yaitu kelompok khusus pelanggan (1) dan kelompok gratis (2).

Tentu saja, server-server gratis mempunyai keterbatasan yaitu bandwidth yang disediakan sangat terbatas sedangkan server untuk pelanggan yang bayar, bandwidth yang disediakan jauh lebih besar.

Selanjutnya, HTTP-Tunnel Client yang telah terinstall harus di konfigurasi sebelum bisa digunakan. Langkah pertama konfigurasi adalah menentukan bagaimana komputer yang terinstall HTTP Tunnel Client ini terkoneksi ke Internet.

Untuk itu, klik tombol Configure (1) (Gambar 21-2). Dari form Configuration in anda bisa mengisi pilihan proxy server atau memilih Auto Detect agar program mencarinya sendiri. Jikti Anda tidak mengetahui konfigurasi ini, tapi selama ini IE anda berjalan lancar, nyonteklah konfigurasi dan IE melalui menu Tools, Internet Options, Connections, LAN Settings.

Setelah pengisian Proxy Server selesai dilakukan, klik tombol Test (2). Jika tombol Test memberikan informasi berhasil atau “Test successful, configuration updated” (3) maka HTTP-Tunnel anda sudah siap digunakan. Mudah kan?

Setelah konfigurasi selesai, pada tabulasi Log (Gambar 21-3) Anda akan melihat status dari HTTP-Tunnel. Baris pertama menampilkan “Starting HTTP-Tunnel, waiting for client to connect”. Baris kedua menampilkan “Retrieving HTTP-Tunnel server’s IP Address” yang berarti HTTP-Tunnel Anda sedang mencari server HTTP-Tunnel yang aktif di Internet. Baris ketiga menampilkan “Please do not start any applications until this is complete”. Baris selanjutnya yang akan ditampilkan adalah “IP Address successfully retrieved” yang disertai dengan “Socks 4/5 Server Started”. Kini, HTTP-Tunnel Client Anda sudah siap digunakan oleh aplikasi-aplikasi yang sebelumnya terproteksi.

Sebagai contoh, saya akan melakukan setting di mIRC agar menggunakari program HTTP-Tunnel Client di komputer saya yang telah dijalankan dan di-konfigurasi (gambar 21-4). Langkah selanjutnya adalah melakukan setting pada aplikasi client, baik itu mlRC, FTP, ICQ, dll agar memanfaatkan HTTP-Tunnel ini. Pada dasarnya Anda melakukan setting pada bagian firewall/proxy agar menunjuk ke alamat HTTP-Tunnel Client.

Pada program mIRC (saya menggunakan versi 6.16), klik tombol Options (1), pilih kategori Connect , Firewall. Pada bagian Firewall support (2), pilih Both (2) agar mIRC Anda selalu menggunakan HTTP-Tunnel sedangkan pada Protocol (3), gunakan Socks5.

Pada kolom Hostname (4), isilah alamat IP dan komputer yang menjalankan HTTP-Tunnel ini. Karena saya menjalankan HTTPTunnel Client dengan mIRC pada komputer yang sama, maka saya mengisikan alamat localhost, yaitu 127.0.0.1. Port yang digunakan oleh HTTP-Tunnel adalah 1080 sehingga Anda harus mengisi bagian Port (5) dengan angka 1080.

Setelah setting mlRC selesai dilakukan, kini chatting melalui mlRC bisa dilakukan seperti biasa. Pada saat mlRC terkoneksi ke server IRC, program HTTP-Tunnel Client segera akan rnenampilkan koneksi yang terjadi mi pada tabulasi Connection (Gambar 21-5).

Uintuk aplikasi ICQ (saya menggunakan versi 2003b), Anda bisa melakukan setting dengan mengklik tombol Settings (1) yang akan menampilkan konfigurasi tata cara koneksi ke Internet. Pada pilihan Proxy Settings, pilihlah pilihan Using Firewall (2) dan Using proxy(3). Untuk Define your proxy server (4), gunakan Socks 5 sedangkan Host (5) diisi dengan alamat IP dan HTTP-Tunnel Client Anda.

Jika ICQ dan HTTP-Tunnel Client berada pada komputer yang sama, anda bisa mengisi dengan alamat 127.0.0.1 yang berarti “komputer lokal”. Port (6) yang digunakan oleh HTTP-Tunnel Client adalah 1080 jadi isilah dengan angka ini Jangan lupa anda harus mematikan pilihan Use proxy to resolve hostnames (7). Setelah mengklik tombol OK (8), maka ICQ Anda telah siap menggunakan HTTP-Tunnel untuk melewati proteksi dan admin IT yang angkuh (atau Anda?).

Menjalankan Yahoo!Messenger dengan HTTP-Tunnel

Yahoo!Messenger dengan HTTP-Tunnel akan menolak koneksi dengan SOCK Proxy dan dengan SOCKS versi 5.

Untuk itu, masalah setting atau koneksi di Yahoo!Messenger tidak akan dikutak-katik alias tetap dianggap seperti default, yaitu koneksi tanpa firewall atau no proxies.

Program yang dibutuhkan agar Yahoo!Messenger mau bekerja dengan HTTP-Tunnel adalah SocksCap yang bisa di download di www.socks.nec.com atau http://www.socks.permeo.com. Program SocksCap di sini akan bertugas menangkap semua komunikasi yang dilakukan oleh aplikasi dan melemparkannya ke HTTP-Tunnel Client.

Installlah program yang sudah di download tadi dan saatnya untuk melakukan konfigurasi software agar bisa bekerja sebagaimana mestinya.

Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah memberikan informasi kepada SocksCap lokasi SOCKS Server yang dalam hal ini adalah HTTP-Tunnel (gambar 22-1). Untuk melakukannya ikuti langkah-langkah berikut

1. Klik menu File, Settings, SOCKS Settings

2. lsilah SOCKS Server (1) dengan alamat IP dan HTTP-Tunnel yang jika berada dalam komputer yang sama, bisa diisi dengan IP 127.0.0.1. Port (2) yang digunakan oleh HTTP-Tunnel Client adalah 1080.

3. Gunakan SOCKS Versi 5 (3)

4. Untuk Name Resolution, pilih Attempt local then remote(4)

5. Klik tombol OK

.

Setelah selesai menentukan SOCKS server yang akan digunakan, kini Anda harus menentukan aplikasi apa yang hendak dijalankan. Jadi hanya aplikasi yang telah didaftarkan dan dijalankan melalui SocksCap inilah yang akan otomatis diteruskan atau forward ke HTTP-Tunnel.

Untuk mendaftarkan aplikasi Yahoo!Messenger pada SocksCap, klik menu File, New, Browse (Gambar 22-2). Carilah aplikasi Yahoo!Messenger yang dalam hal mi adalah YPager.exe (C:\ Program Files\Yahoo!Messenger\ypager.exe).

Jika Anda tidak mengetahui lokasi ataupun nama executable sebuah program, klik kanan pada icon tersebut dan pilih properties. Dan sinilah Anda bisa mengetahui nama file apa yang sebenarnya dipanggil ketika Anda mengklik suatu icon program.

Setelah memilih file executable Yahoo!Messenger, kini Anda sudah bisa menggunakan Yahoo!Messenger melalui HTTP-Tunnel. Untuk menjalankan aplikasi yang telah didaftarkan ke dalam SocksCap, klik icon-nya dan klik tombol Run.

Dengan menggunakan SocksCap mi, Anda bisa menjalankan aplikasi seperti biasa tanpa perlu merubah jenis koneksi karena semuanya akan ditangani oleh SocksCap.



Baca juga artikel menarik lainnya :

2 komentar:

  1. bro ada link sockscap yg lain ga?? atau taro di ziddu.. webnya ga kebuka ni.. lg mke tnnl..waixixixixx..
    klo ga, email ke ane aja bro @doekoengeo04@gmail.com

    thanks

    BalasHapus
  2. Banyak koq linknya bos, googling aja!
    antara lain di
    http://www.brothersoft.com/sockscap-192885.html
    http://www.downloadroute.com/tag/sockscap/
    http://www.filebuzz.com/files/Sockscap/1.html

    BalasHapus

 
Jual Chip Poker Paket ID
25M = Rp. 75.000
50M = Rp. 140.000
100M = Rp. 250.000

Kontak Person:
YM = adriantojusuf
SMS Only = 081244438282
Info lengkap..!