Social Icons

Pages

Jumat, 25 Juli 2008

Membuat Makro untuk WordCount di Microsoft Word

Fasilitas Wordcount biasanya digunakan untuk mengetahui jumlah kata, karakter, kalimat, paragraf, dan halaman yang terdapat dalam satu dokumen. Fasilitas ini dapat Anda aktifkan dari menu "Tools". Namun, fasilitas ini biasanya digunakan pada dokumen yang telah jadi atau pada dokumen yang sedang Anda edit. Jadi, Anda harus mengetikkan kata atau kalimatnya terlebih dahulu, baru Anda dapat mengetahui berapa jumlah kata atau kalimat tadi melalui Wordcount. Apabila Anda diberi tugas membuat dokumen dengan jumlah kata yang telah ditentukan, tampaknya dengan cara ini Anda akan sedikit kerepotan. Apabila kata-kata yang Anda ketik ternyata lebih dari yang disyaratkan, tentunya Anda harus memotong beberapa kata.

Untuk melakukannya, buka Microsoft Word dari menu "Start" lalu buat dokumen baru. Selanjutnya, buka "Visual Basic Editor" dari menu "Tools | Macro". Dari program Visual Basic Editor inilah Anda dapat membuat makro untuk masalah tadi. Caranya, klik "Insert | Module" dan salin listing makro berikut:
=============================
Sub WordCount()
Set myBar = CommandBars("Formatting")
Set myControls = myBar.Controls
NumButtons = myControls.Count
ButtonLoc = 0
For J = 1 To NumButtons
If myControls(J).Type = msoControlButton Then
ButtonName$ = myControls(J).OnAction
If ButtonName$ = "WordCounter" Then ButtonLoc = J
End If
Next J
If ButtonLoc = 0 Then
ButtonLoc = NumButtons + 1
Set newControl = myControls.Add(Type:=msoControlButton)
newControl.OnAction = "WordCounter"
newControl.Style = msoButtonCaption
End If
Set myRange = ActiveDocument.Content
WdCount = myRange.ReadabilityStatistics(1).Value
With myControls(ButtonLoc)
.Caption = WdCount
End With
Application.OnTime When:=Now + TimeSerial(0, 0, 5), Name:="WordCounter"
End Sub
=============================

Setelah listing tersalin dengan rapi, jalankan perintah "Debug | CompileProject". Jika sudah, tutup program registry editor untuk kembali ke lembar kerja. Kini, Anda dapat memasukkan satu tombol khusus ke dalam menubar untuk mempermudah penggunaan makro yang Anda buat ini. Buka saja "Tools | Macro | Macros". Di dalam jendela "Macros" yang terbuka, klik pilihan "WordCount" dan tekan tombol "Organizer". Di dalam jendela "Organizer", aktifkan tab "Macro Project Item" dan copy "Module1" yang berada di bagian kiri ke bagian "In Normal. dot" yang berada di kanannya. Setelah selesai, tutup dengan mengklik "OK".

Langkah selanjutnya, Anda harus membuka "Customize" dari menu "Tools". Di dalam jendela "Customize", aktifkan tab "Commands" dan pilih "Macros" yang berada di bagian "Categories". Di bagian kanannya, yaitu di bagian "Command", drag "Normal.Module1. WordCount" ke bagian menubar yang masih kosong. Klik kanan tombol baru tersebut dan ubah namanya menjadi "WordCount" saja. Anda juga bisa menambahkan icon di sampingnya melalui "Change Button Image". Terakhir, tutup dengan mengklik "OK" untuk kembali ke lembar kerja.

Sekarang, Anda dapat mencobanya dengan membuat satu dokumen baru. Mulailah mengetik di dalamnya dan lihat di bagian akhir "Formatting Toolbar". Informasi mengenai jumlah kata yang Anda ketik dapat Anda ketahui dari sini. Informasi ini akan terus meng-update dirinya sampai Anda berhenti mengetik.


By ADRY-Z



Baca juga artikel menarik lainnya :

1 komentar:

  1. thank U Artikelnya dre..

    sekarang aku agi cari frogram eyd dulu ni...

    BalasHapus

 
Jual Chip Poker Paket ID
25M = Rp. 75.000
50M = Rp. 140.000
100M = Rp. 250.000

Kontak Person:
YM = adriantojusuf
SMS Only = 081244438282
Info lengkap..!