Social Icons

Pages

Jumat, 25 Juli 2008

Jalankan Windows XP dari USB Flash Disk

Langkah-langkahnya :

Oleh karena banyak versi BIOS yang hanya menerima USB flash drive dengan sistem file FAT16 sebagai media boot, formatlah USB flash drive Anda dengan sistem tersebut. Apabila Anda memformatnya dengan fasilitas format dari Windows, flash drive tidak berfungsi. Atasi masalah tersebut dengan tool 'USB Disk Storage Format Tool' dari Hewlett Packard. Jalankan tool ini dan pilih USB flash drive Anda di bawah ‘Device’. Pilih juga ‘FAT’ di bawah ‘File System’ dan berikan nama di bawah 'Volume Label' (jangan lebih dari 11 karakter). Klik ‘Start’ untuk memulai format. Setelah proses selesai, jalankan Windows Explorer dan arahkan ke folder utama partisi Windows, misalnya ‘C:\’.Dari sini, copy file-file ‘boot.ini’, ‘ntldr’, dan ‘NTDETECT.COM’ ke USB flash drive.
Apabila file tersebut tidak terlihat, nonaktifkan option “Hide protected operating system files” di bawah “Tools | Folder Options | View”. Selanjutnya, pilih option ‘Show hidden files and folders’ di bawah ‘Hidden files and folders’. Kini, file-file tersebut telah terlihat dan Anda dapat mengcopynya ke USB flash drive.

Untuk membuat sebuah Windows XP optimal, lengkap dengan SP, hotfix,dan drivers, diperlukan freeware ‘nLite’. Untuk meng-install-nya, diperlu-kan library .NET yang ada dalam paket Microsoft .NET Framework terbaru. Framework dan SP2 dapat Anda download dari website Microsoft. Sedangkan Hotfix (update setelah SP2) XP terbaru untuk nLite dapat Anda peroleh dari informasi yang
ada di website www.nliteos.com. SP dan hotfix tidak perlu Anda install karena nLite hanya membutuhkan file-file setupnya saja untuk dapat diintegrasikan. Sebagai langkah awal, install dahulu .NET-Framework, baru kemudian nLite. Sebelum Anda men-start tool, buat sebuah folder dengan nama ‘XP’ pada desktop.

Masukkan CD instalasi Windows ke dalam DVD/CD drive dan copy seluruh isinya ke folder baru tersebut. Kini jalankan nLite dengan memilih direktori (folder) sumbernya, yaitu ‘XP’. Klik ‘Next’ setelah folder selesai dibaca hingga tampil bagian ‘Task Selection’. Aktifkan option-option untuk mengintegrasikan SP dan hotfix serta option ‘Remove Components’, ‘Patches’, dan ‘Tweaks’. Dengan bantuan wizard, lanjutkan dengan membuat Windows sesuai kebutuhan Anda. Untuk memperkecil ukuran Windows, Anda hanya boleh menyingkirkan entri-entri yang ditampilkan dalam teks berwarna hitam. Apabila tidak,Windows versi ramping Anda mungkin akan gagal di-start.

Apabila Anda ingin menggunakan Firefox, jangan gunakan file instalasi dari website Mozilla, tetapi gunakan ‘Mozilla Firefox Plug-In' yang khusus dikembangkan untuk Bart’s PE dari http://oss.netfarm.it/winpe. Untuk membuat Windows bootable yang ‘siap pakai’, dibutuhkan tool gratis ‘Bart's PE’ dari www.nu2.nu

Setelah tool di-install, jalankan ‘PE Builder’. Masukkan ‘XP’ di bawah ‘Source'. Gunakan saja nama direktori yang disediakan PE Builder (C:\PEBuilder319\BartPE, tergantung versi PE Builder) di bawah ‘Output’ lalu klik 'PlugIns'. Download plugin yang dibutuhkan di www.nu2.nu/pebuilder/#plugins dan ekstrak filenya ke dalam folder ‘plugin’ Bart's PE.

Sampai tahap ini, berarti semua persiapan telah selesai. Pastikan USB flash drive Anda terpasang dan hapus file-file start yang telah di-copy pada tes pertama.Kemudian, jalankan PE Builder dan pastikan, di bawah ‘Source’ tercantum ‘XP’. Option ‘Create ISO-image’ dan ‘Burn to CD/DVD’ harus dinonaktifkan. Klik ‘Build’ agar Windowsnya menjadi self-starter.

Dengan bantuan sebuah file batch, akhirnya kini Anda dapat mengcopy Windows ke USB flash drive.Arahkan Windows Explorer ke folder ‘c:\pebuilder319\plugin\peinst' dan jalankan file 'peinst'.
Dalam jendela DOS yang terbuka, tekan tombol [1] dan ubah source-path menjadi ‘c:\pebuilder319\bartpe’. Setelah menekan tombol [2], masukkan huruf drive USB flash drive Anda sebagai targetpath. Selanjutnya, pilih tombol [5] untuk meng-install Bart’s PE dan start melalui tombol [1]. Kini, Bart's PE mentransfer semua data yang relevan ke USB flash drive. Saat Anda mendapat laporan ‘Installation completed’, Windows versi USB Anda siap digunakan.

Tampilan Windows versi USB memiliki sedikit perbedaan dibandingkan Windows standar. Biasakan dengan setiap perbedaan yang ada agar nantinya Anda merasa nyaman setiap ingin menggunakannya.


By ADRY-Z




Baca juga artikel menarik lainnya :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Jual Chip Poker Paket ID
25M = Rp. 75.000
50M = Rp. 140.000
100M = Rp. 250.000

Kontak Person:
YM = adriantojusuf
SMS Only = 081244438282
Info lengkap..!