Social Icons

Pages

Senin, 18 Mei 2009

MENGGANTI LAMPU PROYEKTOR

Gambar dari proyektor terlihat lebih gelap dan memilki efek color cast? Kuat dugaan lampu proyektor Anda sudah hampir habis masa pakainya.

Lampu proyektor memiliki masa pakai 2.500-3.000 jam sebelum intensitasnya berkurang 50%. Apabila Anda menduga buruknya kualitas gambar disebabkan oleh lampu yang melemah, periksa counter jam pemakaian. Apabila lampu Anda memang sudah saatnya pensiun, ganti dengan lampu baru yang direkomendasikan produsen. Harganya berkisar US$ 200-350. Agar lebih pasti, ukur nilai fluks-nya.


Mengukur intensitas proyektor

Untuk mengukurnya, gunakan sebuah lux meter yang dapat dibeli di toko-toko elektronik. Atur proyektor agar bidang proyeksi layar seluruhnya terkena sinar pada full zoom. Pastikan agar lampu memancar dengan performa maksimal. Jadi, nonaktifkan fasilitas hemat energi dan atur level brightness pada 100%. Sebuah gambar tes putih dapat Anda buat sendiri dengan program Windows Paint. Gelapkan ruang dan ukur dengan lux meter intensitas pada sembilan titik yang tersebar merata pada layar. Ambil nilai rata-ratanya dan kalikan dengan luas proyeksi (tinggi x lebar dalam m2). Hasilnya adalah intensitas proyektor dalam Lumen (lm). Bandingkan nilainya dengan standar.


Selisih 100 lm masih dapat ditolerir. Apabila nilainya kurang dari setengah, itu berarti lampu proyektor sudah saatnya diganti. Proyektor LCD harus memeriksa gambar proyeksi dengan cermat. Apabila terdapat gumpalan noda warna, berarti panel-panel kecil LCD sudah aus. Untuk kasus seperti ini, penggantian lampu proyektor tidak ada gunanya. Anda terpaksa harus membeli perangkat baru.


PERHATIAN! Apabila lampu "meledak" jangan langsung menggantinya dengan lampu baru. Besar kemungkinan ada komponen lainnya yang rusak. Mengganti lampu baru juga akan langsung merusak lampu tersebut. Disarankan untuk berkonsultasi dengan service center dari produsen proyektor yang bersangkutan.


Langkah-langkah Mengganti Lampu Proyektor

1. Gambar proyektor yang memudar dan bernuansa kuning kemungkinan besar disebabkan oleh lampu proyektor yang sudah hampir habis masa pakainya. Periksa dengan membandingkan gambar tersebut dengan referensi foto saat proyektor masih baru digunakan.


2. Lepaskan Sekrup Pengaman Lampu

Apabila proyektor baru saja digunakan, biarkan beberapa saat agar lampu proyektornya dingin. Setelah dingin, buka penutup proyektor yang biasanya ada pada bagian bawah. Gunakan obeng ukuran sedang untuk membuka sekrup pengamannya.

3. Keluarkan Unit Lampu

Setelah melepas sekrup-sekrup pengaman, buka pengait kawat ke atas. Pegang kuat pengaitnya dan angkat unit lampu tersebut sesuai arah panah pada gambar. Hindaripengangkatan yang terlalu keras dan dipaksakan agar bagian proyektor lainnya tidak rusak.

4. Mengganti Unit Lampu

Pasang unit lampu baru dengan hati-hati. Jangan tinggalkan satu pun sidik jari pada kaca lampu tersebut. Sidik jari yang tertinggal berisiko terbakar dan dapat merusak unit lampu. Setelah selesai memasang lampu, proyektor kini kembali "cemerlang".



Baca juga artikel menarik lainnya :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Jual Chip Poker Paket ID
25M = Rp. 75.000
50M = Rp. 140.000
100M = Rp. 250.000

Kontak Person:
YM = adriantojusuf
SMS Only = 081244438282
Info lengkap..!